Selasa, 13 Juni 2017

Analisis Nilai Hasil UN Mapel Geografi SMA/MA (Siswa: Ronikha Imawwati)







“Analisis Hasil Belajar Ujian Nasional (UN) Geografi”

Menganalisis dan Memberi Gagasan

Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Strategi Pembelajaran (AKDK 5402)
Diasuh Oleh : Muhammad Efendi, M. Pd.

Oleh :
RONIKHA IMAWWATI
NIM : A1A515024
Kelas : A

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI
JURUSAN ILMU PENDIDIKAN SOSIAL
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
BANJARMASIN
2017

KISI-KISI UJIAN NASIONAL (UN) GEOGRAFI
TAHUN 2015

NO
KOMPETENSI
INDIKATOR
1.
Mendeskripsikan hakikat, objek, ruang lingkup, prinsip, konsep, aspek dan pendekatan geografi.
Menentukan penggunaan prinsip, konsep dasar, aspek, dan pendekatan Geografi dalam mengkaji fenomena geosfer.
2.
Menganalisis sejarah pembentukanBumi, Tatasurya, dan Jagadraya.
Mendeskripsikan proses pembentukan Bumi, Tatasurya, dan Jagad raya.
Mengidentifikasi planet Tatasurya dan Jagadr aya.
3.
Menganalisis dinamika unsur-unsur geosfer serta kaitannya dengan kehidupan manusia.
Menganalisis fenomena yang terjadi di lithosfer dan pedosfer serta kaitannya dengan kehidupan manusia.
Menganalisis fenomena yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta kaitannya dengan kehidupan manusia.
Mendeskripsikan keanekaragaman flora dan fauna sebagai potensi pendukung kehidupan.
Mendeskripsikan fenomena kependudukan.
4.
Mendeskripsikan sumber daya alam serta kaitannya dengan kehidupan manusia.
Mengidentifikasi sumber daya alam yang berhubungan dengan aspek geografi.
Mengidentifikasi pemanfaatan sumber daya alam secara arif.
5.
Mendeskripsikan pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup.
Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup.
Mengkaji kaitan lingkungan hidup dengan pembangunan berkelanjutan.
6.
Menerapkan keterampilan dasar peta/pemetaan dalam memahami fenomena geosfer.
Menerapkan keterampilan dasar pemetaan pada pembuatan peta.
Menganalisis penggunaan peta untuk penentuan lokasi kegiatan ekonomi penduduk.
7.
Mendeskripsikan pemanfaatan citra penginderaan jauh dan Sistem Informasi Geografis sebagai media informasi fenomena geosfer.
Menginterpretasi citra hasil penginderaan jauh dan pemanfaatnya sebagai sumber informasi geosfer.
Mendeksripsikan Sistem Informasi Geografis sebagai media informasi fenomena geosfer.
8.
Mendeskripsikan wilayah dan pewilayahan di dunia.
Membedakan pola keruangan dan interaksi desa- desa, desa-kota, dan kota-kota.
Mendeskripsikan konsep wilayah dan pewilayahan dalam kaitan dengan pembangunan.
Mendeskripsikan karakteristik negara berkembang dan negara maju.




Nama                             : RONIKHA IMAWWATI
Tempat, Tanggal Lahir : JAYA KELAPA, 13 OKTOBER 1997
Nomor Peserta              : 3-15-14-03-028-051-6
Sekolah Asal                 : SMA IT AL MADANIYAH
NISN                            : 9973660198

NPSN                            : 30205332



G E O G R A F I


1.

Hakekat Geografi

100

2.

Jagat raya

40

3.

Fenomena Geosfer

46,7

4.

Penduduk dan Lingkungan Hidup

44,4

5.

Informasi Geografi

66,7

6.

Pola Keruangan

87,5


















Analisis:
·         Hakekat Geografi adalah materi pembelajaran yang ada di kelas X semester I membahas mengenai pengertian geografi, pendekatan geografi, prinsip geografi, konsep geografi, aspek dan ilmu penunjang geografi dan objek studi geografi.
·         Jagat Raya adalah materi yang ada di kelas X semester II mengenai pengertian jagat raya, teori pembentukan jagat raya, pandangan jagat raya, tata surya, teori terjadinya tata surya, planet-planet.
·         Fenomena Geosfer adalah materi yang ada di kelas X semester I membahas mengenai atmosfer, komposisi dari atmosfer bumi, litosfer, hidrosfer, biosfer, dan antroposfer.
·         Penduduk dan Lingkungan Hidup adalah materi pembelajaran yang ada di kelas XI SMA membahas mengenai pengertian lingkungan hidup dimana adanya hubungan kehidupan manusia dengan makhluk hidup lain, kerusakan lingkungan hidup, mengamati pemanfaatan SDA di Indonesia, pariwisata, pertambangan dan tata guna lahan.
·         Informasi Geografi adalah materi pembelajaran kelas XII semester I yang mencakup peta, langkah-lngkah pemetaan, sistem informasi geografis (SIG), pemanfaatan SIG, proses dalam SIG.
·         Pola Keruangan, adalah materi pembelajaran kelas XII semester II yang mencakup pola keruangan desa, pola persebaran desa, klasifikasi desa, pola keruangan kota, klasifikasi kota, struktur kota, urbanisasi, interaksi desa dengan kota, perkembangan kota dan masalah alih fungsi lahan, perbedaan desa dan kota, dan menentukan interaksi antara wilayah.




ANALISIS
·         Berdasarkan hasil Ujian Nasional (UN) Saudari Ronikha Imawwati, nilai atau jangkauan terendah pertama adalah Jagat Raya yang merupakan materi kelas X SMA semester II. Jagat raya, memuat materi yang sangat banyak mengenai teori-teori pembentukan jagat raya, kemudian ciri-ciri dan pembahasan mengenai tata surya seperti sistem planet-planet dan bumi. Saya rasa, anak ini sedikit susah dalam hal mengingat atau menghafalkan teori-teori.
·         Terendah kedua adalah Penduduk dan Lingkungan Hidup materi yang ada di kelas XI. Penduduk dan Lingkungan Hidup ini membahas mengenai hubungan manusia dengan lingkungan. Pembahasan mengenai lingkungan hidup alamiah, lingkungan hidup buatan. Karena adanya hubungan antara manusia dengan lingkungan hidup, maka akan mengakibatkan dampak yaitu kerusakan lingkungan hidup. Sikap manusia yang tidak pernah puas terhadap kebutuhannya membuat mereka rakus dan merusak alam. Dalam hal ini, saya rasa banyak materi pembahasan yang memahaminya harus menggunakan analisis dan bayangan yang tinggi, mungkin untuk siswa sekolah SMA masih belum terlalu bisa. Selain itu, juga membahas mengenai Sumber Daya Alam. Sumber daya alam sangatlah berlimpah di NKRI, seperti perkebunan, peternakan, kehutanan, hasil tambang dan lainnya. Sulit untuk dapat menghafalkan sumber daya alam yang ada di masing-masing Pulau tersebut. Jadi, menurut saya hafalan-hafalan dan cara menganalisis masih sangat sulit untuk dijangkau oleh siswa SMA.
·         Terendah ketiga adalah Fenomena Geosfer materi yang ada di kelas X pembahasan mengenai lapisan-lapisan yang ada di bumi, seperti litosfer, atmosfer, hidrosfer, antroposfer. Fenomena geosfer terlihat sebagai mata pelajaran geografi yang menyenangkan karena memahamimengenai susunan-susunan/komponen yang ada di bumi. Tetapi masing-masing memiliki komposisi yang berbeda. Contohnya atmosfer bumi memiliki komposisi yang berbeda dengan komposisi litosfer. Jadi, nilai yang diraih oleh Saudari Ronikha Imawwati hanya mencapai 46,7 dikarenakan masih sulit memahami susunan dan komposisi masing-masing fenomena geosfer yang ada. Karena, didalamnya sudah ada mengenai pembahasan zat yang terkandung bersangkut paut dengan pelajaran kimia. Sehingga, termasuk dalam kriteria sulit dipahami oleh siswa SMA.
·         Terendah ke 4, adalah Informasi Geografi, merupakan materi pembelajaran yang ada di kelas XII SMA. Menyajikan data dalam sistem informasi geografi yang dilakukan dengan cara manual dan menggunakan komputer. Seperti membuat peta, penginderaan jauh, dan inderaja. Masih sangat minim alat yang ada di sekolah. Bahkan di sekolah saya sendiri, masih belum ada Laboratorium Sistem Informasi Geografi (SIG. Sehingga, jika alatnya saja belum ada, kesulitan guru adalah menyampaikan hanya melalui power point dan buku panduan mengajar. Dalam membayangkan, bagaimana cara melakukan teknik komputer sangat jauh untuk bisa mencapai target benar-benar memahami.




GAGASAN DAN SARAN
·         Gagasan/ide yang menurut saya yang berhubungan dengan ketidaktercapaiannya beberapa mata pelajaran yang berada di bawah standar KKM yaitu 5,25 adalah Jagat Raya 40, Fenomena Geosfer 46,7 dan Penduduk dan Lingkungan Hidup 44,4. Menurut saya, untuk mata pelajaran jagat raya jangan hanya memberikan pelajaran semata-mata dari buku saja. Saran saya, seperti menampilkan media ke siswa dan mengajak siswa untuk berlatih membuat media dan menampilkannya di depan kelas agar semua siswa dapat memahami bukan hanya dapat membaca saja dari buku.
·         Gagasan/ide kedua adalah pada mata pelajaran Fenomena Geosfer sebaiknya lebih banyak menampilkan gambar-gambar atau video-video seperti apa lapisan-lapisan yang ada di bumi. Dan komponen penyusunnya terdiri dari apa saja. Untuk jagat raya, lebih baik menampilkan media pembelajaran audio-visual karena adanya teori-teori pembentukan jagat raya oleh beberapa para ahli yang berbeda dapat dilihat langsung oleh siswa proses terbentuknya jagat raya dan tata surya tersebut.
·         Gagasan/ide ketiga untuk Guru, sebaiknya lebih memperhatikan lagi siswa yang masih kurang aktif dalam bersekolah dan masih banyak berdiam diri di dalam kelas. Faktor yang mempengaruhi siswa mengapa jadi rendah nilainya dan mengapa jadi kurang termotivasi dalam pembelajaran juga harus diketahui oleh Guru. Selain itu, untuk menambah kemajuan belajar siswa, diperlukan berbagai metode pembelajaran yang didalamnya tidak hanya menggunakan satu metode saja. Kebiasaan Guru di Indonesia adalah menggunakan metode pembelajaran ceramah, metode pmbelajaran ceramah hanya akan membuat konsentrasi siwa 15-20 menit saja. Gunakanlah metode seperti menampilkan gambar, menayangkan video, membuat media melalui karton atau langsung turun ke lapangan, mungkin akan lebih menyenangkan dan membuat siswa tidak bosan dengan mata pelajaran yang menggunakan metode ceramah saja. Selain itu dengan membentuk kelompok seacara homogen dengan menggunakan metode jigsaw juga lebih baik.
·         Gagasan/ide keempat untuk Siswa, bukan hanya guru yang dapat memberikan motivasi kepada siswa, tetapi siswa merupakan peran utama dalam menggalih motivasi di dalam dirinya sendiri. Kepada siswa, agar lebih aktif, kreatif dan tanggap lagi dalam setiap mata pelajaran. Tidak hanya menjadi siswa yang mendengarkan apa yang disampaikan oleh Guru, tetapi juga menjadi siswa yang banyak kritis dan banyak bertanya terhadap pelajaran yang didapatkan jika masih belum dimengerti.
DAFTAR PUSTAKA

Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Nasioanal Tahun Pelajaran 2015/2016 BSNP. 2015 Jakarta Selatan www.bsnp-indonesia.org.
Irvan. 2015 Geografi Kelas XII Semester I. Diambil dari: http://vansanha.blogspot.co.id/p/blog-page_20.html
Weebly. 2015. Geografi SMA/MA Program IPS. Diambil dari: http://ronta.weebly.com/kelas-x-bab-i-hakikat-geografi.html







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MEDIA PEMBELAJARAN SIMULASI TERJADINYA LETUSAN GUNUNG BERAPI

PROSES TERJADINYA LETUSAN GUNUNG BERAPI Oleh: Ronikha Imawwati Sub Pembahasan: 1. Materi Pembelajaran Mengenai  Gunung Merapi 2...